jump to navigation

10 Konfigurasi Dasar Sebelum Menggunakan Windows Live Writer Februari 3, 2009

Posted by okihelfiska in Blogging & Wordpress.
Tags: , , , , , ,
trackback

Bagi para blogger keberadaan Windows Live Writer mungkin sudah tidak asing lagi. Windows Live Writer ini digunakan untuk membantu membuat posting ke blog-blog seperti WordPress, BlogSpot, MSN Space, Share Point, dll.

main-wlw

Dengan aplikasi ini kita dapat dengan mudah untuk melakukan penambahan post, update, modifikasi layaknya fasilitas yang diberikan oleh blog-blog terkenal.

Bagi yang ingin mencoba menggunakan Windows Live Writer, ada 10 konfigurasi dasar yang perlu kita persiapkan agar berfungsi dengan optimal, yaitu :

1. Update Style

Fitur ini berguna untuk mendapatkan style yang sama dengan theme yang sedang kita gunakan pada weblog. Jadi seolah-oleh kita melakukan editing pada blog mirip dengan tampilan blog yang sebenarnya. Pilih menu Weblog > Edit Weblog Settings > Editing dan klik pada tombol Refresh Theme. Windows Live Writer akan mengsinkronisasikan style dengan weblog anda.

update-style-wlw

2. Setting Preferences
Secara default pengaturan di preference belum tentu sesuai dengan keinginan anda. Kita dapat mengaturnya melalui menu Tools > Options. Klik di preferences.

  • Bagian Post Windows > pilih Open new window untuk setiap post. Bagian ini memungkinkan kita untuk membuat banyak posting dalam waktu yang bersamaan.
  • Bagian Publishing > Kita dapat memilih opsi-opsi yang diberikan, seperti melihat post setelah dikirim (View post after publishing), Pengingat jika lupa menuliskan titel post (Remind me specify a title), Pengingat jika lupa memilih kategori (Remind me specify a categories), dan Pengingat jika lupa mengisi Tag (Remind me specify tags).

preference-wlw

3. Setting Spell Check

Spell check sangat penting jika anda membuat posting dalam bahasa inggris. Karena fasilitas ini baru mendukung penggunaan bahasa inggris. Fitur ini akan mengecek setiap kata yang diketikkan. Jika ada kesalahan dalam penulisan, Windows Live Writer akan menandakannya dengan memberi garis bawah berwarna merah. Untuk mengaturnya klik Tools > Options. Dan Pilih Spelling. Ubahlah pengaturan yang sesuai bagi anda.

spelling-wlw

4. Kumpulan Link (Link Glossary)

Fitur ini dapat memudahkan kita untuk menambahkan daftar link otomatis ke situs yang sering menjadi rujukan bagi blog. Jadi kita tidak perlu repot dengan menambahkan link ke alamat tersebut. Fitur ini juga bisa diatur hanya satu link dari kata yang sama untuk setiap post. Untuk mengkonfigurasikannya silahkan klik Tools > Options. Kemudian pilih Link Glossary. Silahkan anda tambahkan dari tombol ADD.

glossary-wlw

5. Web proxy

Mungkin sebagian kita koneksi internetnya dipengaruhi oleh proxy server. Jika fitur ini tidak diatur, maka anda tidak akan bisa mengirimkan atau mengupdate blog anda. Jika kantor atau tempat anda bekerja menggunakan proxy, ubahlah konfigurasi melalui menu Tools > Options dan pilih opsi Web proxy.

proxy-wlw

  • Aktifkan dengan mengklik Specify Custom Proxy settings.
  • Masukkan username, password , proxy server address dan port.
  • Secara Default biasanya port menggunakan 8080. Biar lebih jelas silahkan tanyakan kepada network administrator di kantor anda.

6. Setting Ping servers

Ping Server adalah sebuah layanan yang dibuka untuk umum oleh beberapa web terkemuka seperti google, pingomatic dan technorati. Intinya, mereka menerima pemberitahuan dari kita bahwa blog atau website yang kita miliki baru saja diupdate. Setelah mereka menerima pemberitahuan ini, mereka akan bergegas menjadwalkan kunjungan ke website kita untuk melihat isi dari update yang baru dibuat.

Sehingga para pengunjung akan mengetahui bahwa blog kita baru saja diupdate. Jika kita tidak menggunakan fitur ini, tentu saja akan memperlambat promosi blog. Karena pengunjung tidak mengetahui kapan blog ini diupdate.

Untuk melakukan konfigurasinya silahkan pilih Tools > Options dan pilih Ping Servers. Aktifkan opsi Check on Send ping to these URLS. Copy paste kan alamat dibawah ini :

http://ping.amagle.com/
http://ping.bitacoras.com
http://ping.blo.gs/
http://ping.bloggers.jp/rpc/
http://ping.blogmura.jp/rpc/
http://ping.cocolog-nifty.com/xmlrpc
http://ping.exblog.jp/xmlrpc
http://ping.feedburner.com
http://ping.myblog.jp
http://ping.rootblog.com/rpc.php
http://ping.syndic8.com/xmlrpc.php
http://ping.weblogs.se/
http://pingoat.com/goat/RPC2
http://www.popdex.com/addsite.php
http://rcs.datashed.net/RPC2/
http://rpc.blogbuzzmachine.com/RPC2
http://rpc.blogrolling.com/pinger/
http://rpc.icerocket.com:10080/
http://rpc.pingomatic.com/
http://rpc.weblogs.com/RPC2
http://www.snipsnap.org/RPC2
http://trackback.bakeinu.jp/bakeping.php
http://topicexchange.com/RPC2
http://www.weblogues.com/RPC/
http://xmlrpc.blogg.de/
http://1470.net/api/ping
http://xping.pubsub.com/ping/

pingserver-wlw 

7. Tekan F2 sebelum posting

Kenapa kita perlu menekan F2 sebelum posting ? Tombol ini digunakan untuk menampilkan opsi lain untuk melengkapi sebuah posting. Ibaratnya masakan gak lengkap kalo tidak dikasih garam. Setelah menekan F2, kita dapat mengisikan opsi sbb :

  • Post Slug
  • Excerpts
  • Categories
  • URL for sending trackbacks ( if you have linked to any other post)
  • Set the publishing date
  • Turn on or off comments and pings.
  • Password

f2-wlw

8. Save Draft Options
Fitur ini memungkin kita untuk memilih jenis penyimpanan posting yang sedang kita kerjakan. Jika pekerjaan kita belum selesai, kita dapat memilih metode penyimpanan sbb :

  • Save to Local Draft ( Menyimpanan di komputer yang sedang kita gunakan )
  • Post Draft to Weblog ( Menyimpan draft di weblog )
  • Post Draft and Edit Online ( Menyimpan draft di weblog dan bisa diedit secara online )

Windows Live Writer juga menambahkan fitur untuk penyimpanan otomatis setiap beberapa waktu. Silahkan anda buka menu Tools > Options. Kemudian pilih Editing.

 save-wlw

#9 Open Older Posts:

Kita dapat membuka kembali posting yang sudah dikirimkan, baik itu yang tersimpan di local folder ataupun yang berada di weblog. Pada fitur ini juga terdapat tombol delete, jadi anda jangan menekan tombol ini jika tidak ingin kehilangan posting anda yang terdahulu.

open-wlw

#10 Menambahkan Plugin

plugin-wlw Untuk melengkapi Windows Live Writer anda, silahkan anda tambah sendiri plugin yang tersedia dari situs resminya. Caranya mudah, tinggal klik tombol Add a Plug-in pada bagian sebelah kanan bawah dari main menu.

Jika sudah anda pilih dan download pluginnya, jalankan saja file setupnya. Secara otomatis plugin tersebut akan terintegrasi dengan Windows Live Writer Anda.

Situs Plug-In : gallery.live.com

Komentar»

1. animaster - Maret 15, 2009

Thanks berat untuk tipsnya. Sangat berguna bagi pengguna WLW seperti saya. ^^

2. Cahya - Oktober 19, 2009

Saya ingin tahu, bagaimana excerpt dibuat dengan WLW.

Apa sih yang sebenarnya kita masukkan ke dalam kota exerpt? Apa sebagian kecil tulisan? Atau tulisan dengan kode?

Saya sudah coba-coba, koq ga pada bisa ya?

3. djokerz's corner - Mei 26, 2011

Mau tanya nih, saya dah instal WLW, utk publish postingan yg pake’ blogspot sih ga’ masalah, tp untuk yg wordpressnya gagal terus, apa WLW cm bs dipake’ oleh wordpress yang berbayar ya? kebetulan saya menggunakan yg wp.com. Sebelumnya terima kasih n salam kenal..:-D


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: