jump to navigation

6 Tool Pengganti Jika Komputer telah terkena Virus Oktober 7, 2008

Posted by okihelfiska in Anti Virus, Sistem Operasi Software.
Tags: , , , ,
trackback

Pernahkah komputer anda terkena virus sehingga menyebabkan tidak berfungsinya Task Manager (taskmgr.exe), Registry Editor (regedit.exe), Command Prompt (cmd.exe), System Configuration Utility (msconfig.exe), configuring Folder Options dan Hilangnya Run dari Start Menu? Jika sudah begitu tentu saja akan menyulitkan sebagian pekerjaan kita untuk mengolah komputer.

Jika kita tidak bisa menjalankan Task Manager, berarti kita tidak dapat mengakhiri proses yang not responding. Kitapun juga tidak bisa menggunakan perintah taskkill pada command prompt, karena perintah CMD di disabled oleh virus. Kalau sudah begini, permasalahan akan menjadi makin ruwet.

Untuk mengganti aplikasi yang dimatikan ataupun terserang oleh virus, ada 6 tool yang bisa kita coba. Dengan tool-tool ini kemungkinan besar kita dapat memperbaikinya, tergantung kemampuan dasar yang dimiliki oleh pengguna komputer.

(1) Task Manager : taskmgr.exe
process-explr
Task Manager sangat penting, karena berfungsi untuk melihat semua proses yang sedang berjalan dikomputer. Selain itu task manager juga berfungsi untuk melihat besar memori dan penggunaan CPU oleh aplikasi yang berjalan. Jika kita mendapati pesan “Task Manager has been disabled by your administrator”, coba gunakan Process Explorer. Aplikasi ini juga dapat dijalankan dari USB flash drive.

[ Download Process Explorer, task manager alternative ]

(2) Registry Editor : regedit.exe
regalyzer
Virus juga dapat mendisable regedit. Jadi kit Without the ability to access  tidak dapat untuk melakukan perubahan ataupun membackup registry yang ada. Ketika virus mendisable regedit, kita juga akan menemukan pesan “Registry editing has been disabled by your administrator” pada saat menjalankannya. Sebagai pengganti dari regedit yang bagus adalah RegAlyzer. RegAlyzer harus diinstallasi pada komputer, tetapi dapat juga dijalankan melalui flash drive dengan hanya mengkopi semua folder RegAlyzer.

[ Download RegAlyzer, regedit alternative ]

(3) Command Prompt : cmd.exe
gshell
Command Prompt merupakan tool yang sangat ampuh untuk troubleshooting komputer. Jika kita tidak lagi dapat menjalankannya, tentu saja akan banyak mengalami kendala. Tanda-tanda Command Prompt sudah terkena virus akan menampilkan pesan “The command prompt has been disabled by your administrator. Press any key to continue”. Aplikasi pengganti yang dapat mengganti fungsi Command Prompt adalah GS (Greg’s command Shell). Ukuran aplikasi ini sangat kecil dan dapat dijadikan aplikasi portable.

[ Download GS, command prompt alternative ]

(4) Run Dialog Box
run-alt
Beberapa virus ada yang menghapus menu run dari Start Menu. Hal ini tidak mudah untuk dikembalikan lagi. Ada aplikasi pengganti seperti Run dialog replacement v1.0, ukurannya hanya 48KB dan dapat dijalankan langsung (portable).

[ Download Run Dialog Replacement 1.0 ]

(5) System Configuration Utility : msconfig.exe
msconfig-alt
MSCONFIG merupakan tempat pertama yang harus kita periksa jika terserang oleh virus. Jika kita menjalankan msconfig dan klik tab Startup, kita lihat apakah ada daftar aplikasi yang mencurigakan tertera disitu. Tetapi jika telah terkena virus tentu saja msconfig tidak bisa dijalankan, dan akan menampilkan pesan error “Windows cannot find ‘msconfig’. Sebagai pengganti kita dapat menggunakan Autoruns.

[ Download Autoruns, msconfig alternative ]

(6) Enable Show hidden file dan proteksi operating system file
free-comm
Virus selalu aktif didalam sistem memori komputer kita. Pengaruh sebagian virus adalah merubah fungsi dari Windows Explorer. Kita tidak dapat merubah atribut file seperti hidden, archieve, System dan Read Only. Ada aplikasi yang bagus untuk menggantikan File Manager seperti FreeCommander. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai portable

[ Download FreeCommander, file manager replacement ]

Komentar»

1. Deden - Maret 16, 2009

Makasih mas.. tapi gw ni gw kena Task Manager has been disabled by your administrator sebenrnya ini virus apa sih ?? yg bikin begini..

2. indra - Mei 17, 2009

Itulah ribetny berurusan ma virus.. Udh ky urusan ma polisi aja ribetny..
haha..

Linux mode = On

3. Michelle Octavia - Agustus 20, 2012

izin sedot


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: