jump to navigation

50 Orang Paling Berpengaruh dalam Dunia Web – Seri 2 September 11, 2008

Posted by okihelfiska in Artikel.
Tags: ,
trackback

Sambungan dari 50 Orang Paling Berpengaruh dalam Dunia Web – Seri 1

Berikut daftar orang-orang penting dan berpengaruh dalam dunia web:

  • Henry Chon, CEO Cyworld;
    Jangan sebut Cyworld sebagai MySpace-nya Korea. MySpace justru adalah Cyworld-nya AS. Di Korea Selatan, berdasarkan perkiraan 25 % populasi (dan 90 % penduduk remajanya) memiliki akun Cyworld. Situs ini memiliki desain individu berupa miniatur avatar animasi mewakili mereka dalam dunia online unik. Pada 2006, CEO Henry Chon menawarkan Cyworld ke kawasan AS. Walaupun Cyworld saat ini mendapat kesuksesan sebanding, MySpace tidak dengan mudah dapat beristirahat jika catatan profil Chon memberikan indikasi adanya kompetisi di masa depan.
  • Shana Fisher, Senior vice president IAC/InterActiveCorp untuk strategi dan M&A, Chairman dan CEO IAC/InterActiveCorp;
    Barry Diller, mencintai online enterprise miliknya. Setelah perayaan pembelian, IAC saat ini memiliki Ask.com, Citysearch, Expedia, Match.com, Ticketmaster, dan host bisnis Web berorientasi layanan. Tetapi siapa yang menganjurkan Diller untuk menginvestasikan uangnya? Tentu saja penasehat merger dan akuisisinya, senior VP, Shana Fisher, yang menentukan ke mana dan kapan saatnya IAC harus berinvestasi. Pengawasannya atas serentetan aksi akuisisi IAC menjadikannya tanpa ragu sebagai wanita paling kuat dalam bisnis Internet.
  • Niklas Zennstrom dan Janus Friis, Founder Skype dan KaZaA;
    Sepertinya Niklas Zennstrom dan Janus Friis tidak dapat berhenti membuat inovasi. Pertama mereka membuat jaringan distribusi file peer-to-peer (walaupun dikacaukan malware) KaZaA. Lantas mereka meningkatkan usaha dengan membuat software VoIP yang sangat terkenal, Skype. Setelah menjual Skype ke eBay seharga USD 2,6 miliar, pasangan ini kembali memproduksi Joost (awalnya bernama “The Venice Project”), sebuah layanan distribusi video P2P yang saat ini masih dalam bentuk beta untuk kalangan sendiri. Akankah Zennstrom dan Friis membuat aplikasi peruntungan pembunuh? Setelah diwajibkan menyelesaikan perkara hukum RIAA sehubungan KaZaA dengan nilai USD 100 juta, mereka langsung menegosiasikan dengan penyedia konten saat persiapan peluncuran Joost secara resmi.
  • Matt Mullenweg, Developer software dan situs blogging WordPress;
    Matt Mullenweg hampir tidak membeli minuman (beralkohol), tetapi penggila open source berusia 22 tahun ini berhasil mengembangkan WordPress, software publikasi open source yang disukai oleh peminat blogging di seluruh dunia. Pada 2004, WordPress sudah cukup dikenal sehingga rumah penerbit Web, CNet, menarik Mullenweg untuk menangani proyek ini. Mullenweg mengundurkan diri pada 2005, meninggalkan tawaran untuk bekerja penuh buat WordPress, yang dewasa ini lebih menyerupai content-management system, dengan berbagai template, widget, dan plugin, dan perlindungan antispam Askismet.
  • Philip Rosedale, CEO Linden Lab;
    Philip Rosedale menggunakan konsep MMORPG (massively multiplayer online role-playing game) dan menghadirkannya dalam destinasi Web virtual yang paling sering dibicarakan, Second Life. Tetapi jangan menganggapnya hanya sebagai sebuah permainan. Bagi makin banyak “penggunanya,” Second Life menjadi kehidupan pertama, di mana mereka dapat melakukan apa saja dalam dunia virtual mulai dari menikah hingga peluncuran bisnis yang berfungsi secara eksklusif sesuai batasan yang dimiliki situs tersebut. Banyak pebisnis dunia nyata membuka cabang di layanan Second Life juga. Faktanya, Second Life menjadi sangat terkenal karena serangan telak mulai dilancarkan. Nick Denton dari Valleywag membandingkan sistem finansialnya dengan skema piramida.
  • Jon Lech Johansen, Creator DeCSS decryption program;
    Lebih dikenal sebagai DVD-Jon, Jon Lech Johansen adalah hacker asal Norwegia yang mengungkap sistem enkripsi yang digunakan pada film DVD, tetapi memberi kemungkinan penyalinannya. Johansen merilis DeCSS decryption program pada 2002 dan saat itu ditawarkan secara nasional. Akhirnya lebih disebarluaskan, Johansen melancarkan pemecahan DRM iTune buatan Apple (kembali) selagi ia bekerja sebagai software developer di AS. Jika terjadi kekacauan dengan pemukulan dalam membongkar format high-definition DVD dengan muslix64 yang masih anonim, pembuat program “backup” untuk HD DVD akhir tahun lalu dan untuk Blu-ray Disc pada Januari lalu. Johansen tetap pembelot yang paling ditakuti media besar.
  • Jerry Yang, David Filo, dan Terry Semel, Kalangan Eksekutif Yahoo;
    Inovasi produk Google dan pembelian YouTube seharga USD 1,65 miliar mungkin mengacuhkan Yahoo dari kalangan publik, tetapi raksasa Web tersebut dipimpin oleh founder Yang dan Filo serta CEO Terry Semel yang melancarkan serangan balik. Dua tahun lalu, Yahoo mengambil alih situs photo-sharing Flickr dan situs bookmark sosial Del.icio.us. Perusahaan ini juga melanjutkan aksinya dengan peluncuran properti baru seperti Yahoo Food dan Yahoo Pipes (untuk pembuatan custom data feed). Pergeseran Yahoo ke platform iklan Panama mewakili usaha lain menarik pendapatan iklan yang telah dikuasai Google.
  • Jack Ma, COO Alibaba.com;
    Ingin melakukan bisnis di China tanpa memesan tiket pesawat ke Shanghai? Alibaba.com adalah pertaruhan terbaik. Didirikan oleh Jack Ma pada 1999, e-marketplace business-to-business yang sangat sukses ini adalah tempat online terbaik untuk bertemu dengan pihak-pihak dan memasarkan tawaran proposal dan produk. (Ma dikutip ketika mengatakan bahwa perusahaan itu mendapatkan kesuksesannya sejak ia diculik di Malibu dan muncul keadaan di mana ia harus membantu penahannya memulai bisnis di China.) Pada tahun 2005, Yahoo membuat investasi bernilai miliaran pada Alibaba yang saat ini menjalankan Yahoo China. Perusahaan itu sekarang terperosok dalam skandal, ketika menyediakan informasi penyebab penahan seorang wartawan China akibat pembongkaran rahasia negara.
  • Brewster Kahle, Direktur Internet Archive;
    Sejak 1996, Internet Archive nirlaba ini mengumpulkan ribuan byte data—buku tua, film, musik, dan tayangan televisi. Sementara itu, fitur lainnya bernama Wayback Machine, sedikit mengambil gambar sejarah Web untuk catatan aksi browsing. Kunjungilah gambar lama situs kesukaan Anda melalui Internet, mungkin akan terasa kaget betapa berbedanya halaman itu dahulu. Kahle ikut membuat Internet Archive dengan tujuan “memelihara warisan digital,” tetapi jangan biarkan kalangan kurator yang sederhana membodohi Anda. Kahle juga bersaing untuk hak cipta AS dalam kasus Kahle melawan Gonzales, kasus hukum amendemen pertama yang mengesankan.
  • Ray Ozzie, Chief software architect Microsoft;
    Pada 2006, saat Bill Gates melepaskan posisinya sebagai chief software architect pada Microsoft setelah dipegangnya selama 30 tahun, pengamat menyambut pengganti pilihannya dengan tepuk tangan: software visionary, Ray Ozzie. Kreator software kolaborasi Lotus Notes dan Groove kini bertugas menjamin relevansi teknologi Microsoft dalam era di mana Web menjadi ancaman yang akan menggantikan desktop OS tradisional. Perintis dalam kolaborasi berbasis komputer, Ozzie sepertinya siap untuk menangani pekerjaan itu. Satu saran spontan untuk Ray: Ia perlu memikirkan peng-update-an blog miliknya dahulu.
  • Markos Moulitsas Zuniga, Blogger Daily Kos;
    Suara kiri yang paling berkumandang mengenai Web, adalah Markos “Kos” Moulitsas, seorang tokoh politik tanpa identis online. Blog miliknya menampilkan komentar kalangan liberal mulai dari Nancy Pelosi hingga Jimmy Carter, dan Moulitsas bahkan pernah melansir sebuah konferensi (disiarkan menjadi bagian aksi C-Span) bagi para aktifis politik berpikiran serupa. Dukungan Kos tidak selalu berupa kesuksesan, tetapi dukungannya terhadap Ned Lamont mempengaruhi lawannya, Joe Lieberman, yang mengalami kekalahan dalam pemilihan pendahuluan Senat Partai Demokrat di Connecticut tahun lalu, walaupun Lieberman menang telak dalam pemilihan umum sebagai kalangan independen. Kos tidak mengindikasikan hasrat apapun terkait kepemilikan kantor sendiri.
  • Jeff Bezos, CEO Amazon;
    Ia mungkin melansir Amazon.com dengan tujuan pengembangan situs itu menjadi toko buku online terbesar, tetapi Bezos menunjukkan bahwa bisnis buku dan CD di seluruh negara itu hanyalah aksi pertama. Putaran berikutnya: merambah barang mainan, kaus, dan perangkat berat. Dan saat ini, sebagai cabang bisnisnya, Bezos melemparkan dirinya sendiri ke dalam layanan Web. Artinya? Hanya sebagai awal dari framework terbaru pengembangan situs, termasuk layanan “utilitas komputasi” yang mungkinkan Anda membeli server time dengan harga 10 sen untuk selama satu jam. Sementara menanti ditemukannya cara strategi grid computing inovasinya bekerja, jangan lupa bahwa Bezos akan menawari Anda Barbie Fashion Fever Grow ‘N Style Styling Head dengan potongan harga hingga 50 %.

sumber : www.pcworld.com & ilmukomputer.com

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: