jump to navigation

Apa itu Torrent ? April 16, 2008

Posted by okihelfiska in Artikel.
Tags:
trackback

Apa itu torrent?

Istilah “Torrent” tapi yang lebih tepatnya “.torrent”, dengan sebuah titik (dot) didepannya, yang merupakan sebuah ekstensi dari file. File .torrent prinsipnya adalah sebuah file “container” yang berisi informasi tekstual yang diperlukan untuk men-download sebuah file. Informasi yang terkandung dalam sebuah file .torrent antara lain besar ukuran file, nama file, alamat track URL, komentar, dan lain-lain.

Istilah-istilah dalam Torrent

Seed/Seeder
Seeder ini adalah orang yang membuat torrent awal ataupun orang-orang yang telah selesai men-download sebuah file dan kemudian secara otomatis meng-upload-nya. Artinya, makin banyak jumlah seeders, maka download sebuah file makin cepat.

Leecher
Adalah orang yang men-download sebuah file torrent dan sama sekali tidak memiliki sebagian ataupun keseluruhan dari sebuah file. “Peer” juga masuk ke dalam kategori Leecher sebagai user yang sama sekali belum memiliki sebagian atau keseluruhan file.. Istilah “Peer” juga bisa diartikan sebagai “user” atau “client”.

A-hit-and-runner
Adalah seorang leecher yang telah berhasil mendownload seluruh file dari sebuah file torrent, namun tidak meng-seed file tersebut sampai rasio mereka mencapai 1.0. Tentu saja ini adalah sebuah perilaku yang tidak menyenangkan. ‘A-hit-and-runner’ ini sering juga disebut atau sama saja dengan Leechers, yang dikategorikan seperti sebuah parasit. Artinya kategori ini hanya mengambil file yang dibutuhkan tetapi tidak mau berbagi.

Swarm
Bisa disebut sebagai “lingkungan”, keseluruhan peers atau user yang sedang terkoneksi men-download sebuah file.

Apa itu “Ratio”?

Perbandingan antara jumlah upload dan download disebut: Rasio. Bit Torrent adalah sebuah protokol berbagi, jadi tentu saja, berbagi menjadi suatu keharusan. Sistem rasio ini digunakan untuk memantau jumlah pengiriman dan penerimaan yang dilakukan. Berapa jumlah Rasio yang baik? 1.0 atau lebih. Ini berarti kita telah meng-upload lebih dari yang kita download. Sebenarnya hal ini sangat penting bagi komunitas torrent. Tetapi kebanyakan kita sangat berat dan enggan untuk melakukan seed dari file yang telah kita download, mungkin bias disebabkan karena broadband yang dimiliki oleh seseorang sangat terbatas, namun hal tersebut harus dilakukan.

Mengapa proses download torrent lambat?

Ada beberapa faktor mengapa proses download via torrent sangat lambat.

Bandwidth internet.

Jika anda menggunakan bandwidth internet kecil (seperti Dial Up), maka proses download menjadi lambat. Karena proses Seed dan Leech langsung berjalan secara bersamaan.

Peers/seeds yang tidak mencukupi.

Seeds yang banyak jelas akan mempercepat proses download, namun banyaknya jumlah leechers juga akan mempengaruhi kecepatan download, karena akan terbagi-bagi kepada tiap Leechers tersebut.

Firewall.

Firewall di komputer anda juga akan mempengaruhi dan membatasi jumlah peers yang dapat terkoneksi dengan komputer anda. Atur port dari program torrent downloader agar mendapatkan koneksi yang lancar.

Hal apa yang harus diperhatikan dalam menggunakan Torrent ?

Bandwidth Internet

Bandwidth Internet sangat berpengaruh terhadap proses Seed ataupun leech. Makin besar bandwidth makan makin cepat pula proses torrent. Jika anda menggunakan koneksi yang berlangganan dengan pembatasan kuota bandwidth sebaiknya anda jangan berbagung dengan swarm ini. Karena bisa membuat bandwidth anda Over Quota.

Perbandingan Seeder dan Leecher

Perbandingan antara Seeder dan Leecher sangat penting. Jika anda ingin mendowload torrent lebih baik pilih torrent yang memiliki Perbandingan besar pada Seedernya. Anda bisa lihat pada gambar dibawah ini.

Perbandingan Seed dan Leech

Protokol Torrent

Torrent merupakan protokol yang berbasis sharing community, yang artinya, semua file yang ada di dunia protokol Torrent ini merupakan ’sumbangan’ dari user (peer) yang dengan sengaja ‘berbagi’ sebuah file dengan cara memberikan akses publik. Pada saat kita akan mendownload sebuah file di protokol Torrent, kita hanya perlu mendapatkan sebuah file .torrent sebagai ‘pemandu’ menuju file yang kita ingin download. Jika protocol ini dipengaruhi oleh Firewall, otomatis protocol ini menjadi tidak public lagi. Jadi jika anda menggunakan torrent dibawah pengaruh firewall atau proxy, sudah jelas akan mengalami masalah untuk menjalankan torrent.

Komentar»

1. alid abdul - April 7, 2009

trus apa hukuman bagi si parasit??

huft di indonesia koneksi torrent blum cocok kayaknya?? masak gw da 3 bln gag kelar2

2. oqblog - April 8, 2009

Iya bener mas, koneksi indonesia cuma bisa buat download aja, itupun lambat banget, wkkkkkk


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: