jump to navigation

5 Langkah meningkatkan Kecepatan Komputer Untuk Editing Video September 10, 2008

Posted by okihelfiska in Video Editing.
Tags: , , , , , ,
trackback

optimal00 Untuk melakukan editing Video kita memerlukan sebuah komputer yang sangat optimal agar hasil yang didapat juga maksimal. Tentu saja untuk membuat komputer selalu dalam kondisi fit bukanlah suatu hal yang mudah.

Berikut ini ada 5 tip yang bisa membantu kita untuk membuat komputer tetap dalam kondisi prima;

(1) Update ZoneAlarm firewall
optimal01 Jika komputer kita terkoneksi dengan internet, lakukanlah selalu update ZoneAlarm firewall. Pada saat komputer online pasti ada saja hal-hal yang tidak diinginkan mempengaruhi kecepatan komputer, terutama dari serangan spyware dan malware yang bekerja dibelakang sistem komputer dan membuat komputer lambat. Dan satu hal lagi “ZoneAlarm firewall is freeware”.

(2) Update Anti-virus protection
optimal02 Antivirus akan mendeteksi dan menghapus virus yang berasal dari file download, email attachment, thumbdrives, memory card dan external drives. Jika komputer anda tidak digunakan untuk hal diatas, berarti tidak ada masalah, tetapi jika iya, maka lakukanlah selalu update Antivirus.

(3) Hapus sampah-sampah video dan audio
optimal03 Sering projek kita melakukan capture atau membuat video mengalami kegagalan. Banyak file yang tidak digunakan dari hal diatas. Segera hapuslah file video dan audio yang tidak terpakai tadi, agar hard disk memiliki ruang kosong yang banyak.

(4) Gunakan CCleaner
optimal04 CCleaner (Crap Cleaner) adalah perkakas privasi dan peng-optimal-an sistem gratis. CCleaner akan menghapus file-file sementara dan tidak terpakai dari sistem anda – memungkinkan Windows dapat berjalan lebih cepat, lebih efisien dan memberikan ruang simpan di hard disk lebih banyak. Yang menarik dari CCleaner kecepatan performanya, yang hanya membutuhkan satu detik untuk berjalan.

CCleaner dapat membersihkan:

  • Internet Explorer Cache, History, Cookies, Index.dat.
  • Recycle Bin, Temporary files dan Log files.
  • File-file dan URL yang telah dibuka.
  • List file yang telah dibuka dan file-file sementara program pihak ketiga. Termasuk di dalamnya: Firefox, Opera, Media Player, eMule, Kazaa, Google Toolbar, Netscape, Office XP, Nero, Adobe Acrobat, WinRAR, WinAce, WinZip dan lainnya…
  • Scanner dan cleaner pada Advanced Registry untuk menghapus entri-entri lama dan yang tidak digunakan. Seperti File Extensions, ActiveX Controls, ClassIDs, ProgIDs, Uninstallers, Shared DLLs, Font, File Bantuan, Application Paths, Ikon, Shortcut yang tidak valid dan lainnya…
  • Perkakas Windows Startup.

Berarti dengan menggunakan aplikasi ini akan membuat komputer berjalan semakin cepat.

(5) Defragment
optimal05 Lakukanlah defrag secara berkala. Karena pada saat melakukan rendering, hard disk akan banyak sekali terpakai. Komputer biasanya meletakkan penempatan data secara acak pada hdd, sehingga akan membuat komputer makin lambat untuk mengakses data yang begitu besar. Setelah hasil editing dijadikan video, hapuslah data yang dianggap tidak perlu, agar kita mendapatkan ruang hard disk yang kosong lebih banyak. Barulah lakukan proses defrag. Dengan hanya klik kanan pada drive C (atau drive yg lain), pilih properties, tools dan klik defragment now.

About these ads

Komentar»

No comments yet — be the first.

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: